Menghadapi Ujian dengan Permen Mint

Sebagai orang yang (masih) menjadi mahasiswa, kita sering mendengar istilah Minggu Tenang. Saya bertanya-tanya sebenarnya siapa sih yang menciptakan istilah ini. Siapapun orangnya, dia telah sukses membius para mahasiswa-mahasiswa malang diluar sana dengan istilah ‘tenang’, dimana kata tersebut digunakan untuk ‘memperhalus’ makna yang sebenarnya secara radikal. Mari kita beralih dari topik yang sepet ke topik… Continue reading

Karinda

“Letakkan disini dulu sus, -yak pelan-pelan” “Adek namanya siapaaaa?” “Lindaaaa oooom”, jawabnya tersenyum. “Wah pinteeeeeer, sekarang kelas berapa?” “Kelaas nol besaaal” Senyumnya merekah lebar, menampakkan gigi-giginya yang belum sepenuhnya tumbuh. “Ma-maaa, Linda gak nangis lhooo. Nanti Linda minta esklim Woles yaa Maaa”, pintanya manja sembari menarik-narik pelan baju Ibunya. Ibunya tersenyum dan mengangguk sekedarnya. “Dok,… Continue reading

Menatap Waktu

Mata Nurdin mulai memerah. Sesekali ia menguap, namun tak tuntas. “Kau mengantuk?”, kata Sipir. Nurdin tetap diam. Matanya bergerak liar melirik setiap sudut ruangan. Ia sesekali melihat jam dinding yang telah menunjukkan pukul 23.30 “Istirahatlah nak, tenangkan dirimu”, tutur sang Ustad “Diam kau Ustad!”, bentak Nurdin. “Aku akan tetap terbangun hingga 15 bajingan bersenjata itu… Continue reading

Neymar, The Protege

You can’t stop what you can’t see. Neymar da Silva Santos Jr. Lahir pada bulan Februari 1992 di Sao Paulo, Brazil. Seorang anak dari mantan pesepakbola Brazil, Neymar. Ia lahir di kota Sao Paulo, sebuah kota yang terselimuti oleh papan-papan reklame yang tersebar tak karuan. Kota ini akhirnya mengalami perubahan besar-besaran setelah pemerintah memutuskan untuk… Continue reading

Mata Tak Butuh Bahasa

Jika ditanya dimana titik terlemah dan terkuat seorang manusa. Mungkin mata adalah jawabannya. Mata adalah jendela jiwa. Sepasang anugerah dari Maha Pencipta. Mata berbicara tanpa bahasa. Dimana makna ‘kan terasa tanpa perlu diterka. Melihat keatas mencari mimpi. Melihat kebawah mensyukuri. Melihat kedalam berbenah diri. Melihat keluar bertoleransi. Melihat kebelakang mengilhami. Melihat kedepan – dan berlari… Continue reading

Self-image dan Media Sosial

Kemarin abis baca sebuah artikel tentang fenomena selfie yang terjadi saat ini. Setuju banget, karena emang sekarang sebagian orang mulai gak peduli dengan sekelilingnya demi sebuah foto diri yang sempurna. Parah sih emang, tapi apakah hal itu terjadi begitu saja? nggak dong. Pasti ada hal-hal yang bisa ditelisik untuk menemukan alasannya. Pada dasarnya manusia diciptakan… Continue reading

Vesakha

Hari Raya Waisak sering disebut dengan hari raya Trisuci Waisak. Disebut demikian karena pada hari Waisak terjadi tiga peristiwa penting, yakni kelahiran Pangeran Sidhartha Gautama, tercapainya penerangan sempurna oleh Pertapa Gautama, dan mangkatnya sang Buddha Gautama. Tiga kejadian tersebut—kelahiran, penerangan, kematian— terjadi pada hari yang sama ketika bulan purnama di bulan Waisak.